August 2024

Lautan Manusia Iringi Paslon Eka-Fadly Mendaftar Ke KPU Tanah Datar
Maklumatnews, TD - Memasuki hari ketiga pembukaan pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati  kabupaten Tanah Datar KPU pastikan 2 pasangan calon akan lakukan pendaftaran sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Diawali pada jam 10 Wib sesuai jadwal ditetapkan, pasangan calon Eka Putra - Ahmad Fadly akan melakukan pendaftaran pertama dan terlihat persiapan matang untuk itu di kantor KPU Tanah Datar di Pagaruyung, Kamis (29/8). 

Paslon Eka-Fadly diusung 6 Parpol (Demokrat, Gerindra, PKS, PKB, Hanura dan PDI Perjuangan) dengan total jumlah perolehan kursi sebanyak 17 kursi ditambah 6 Parpol non parlemen (Partai Perindo, Garuda, Buruh, Gelora, PBB dan PKN).  

"Untuk menuntaskan program-program unggulan yang telah dimulai sejak saya diamanahkan sebagai bupati Tanah Datar beberapa tahun lalu perlu kesinambungan dan berkelanjutan untuk tahun-tahun berikutnya".

"Untuk itu, kami Eka -Fadly bertekad lebih meningkatkan lagi capaian-capaian yang telah dilakukan dengan perolehan pengakuan baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional melalui penghargaan demi penghargaan yang didapat untuk kabupaten Tanah Datar".

"Kami mohon do'a restu dan dukungan dari masyarakat Tanah Datar untuk mendukung pasangan Eka-Fadly ini dalam mewujudkan Tanah Datar yang lebih baik lagi kedepanya", pungkas Eka Putra.

Pendaftaran ke KPU hari ini diawali dengan do'a bersama Posko pemenangan di Pagaruyung dan kemudian dilanjutkan arak-arakan para pendukung yang datang dari hampir seluruh wilayah Tanah Datar  sebagai bukti Eka -Fadly Paslon yang dinilai masyarakat layak untuk memimpin Luhak Tanah Datar. (Pinos)




Menaiki Odong-odong, Paslon Richi-Donny Daftar Ke KPU Diantar Ribuan Massa
Maklumatnews, TD - “Alhamdulillah, seluruh berkas pendaftaran telah dinyatakan lengkap dan telah memenuhi syarat untuk mengikuti Pilkada serentak 2024 dan selanjutnya kami menunggu informasi dari KPU baik langsung maupun lewat Silon terkait proses tahapan-tahapan selanjutnya”.

Hal itu disampaikan Richi Aprian calon bupati Tanah Datar didampingi calon wali bupati Donny Karsont dan pimpinan lima pimpinan Parpol pengusung ketika konferensi pers dengan awak media usai mendaftar di KPU, Kamis (29/8).

Richi Aprian mengatakan, Proses Pendaftaran ke KPU Kabupaten Tanah Datar ini merupakan langkah awal ikhtiar dan upaya untuk memenangkan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Tanah Datar dengan tujuan untuk melaksanakan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat dan Daerah Luhak Nan Tuo.

”Jika diamanahkan pimpinan kabupaten ini kepada kami, kami akan berupaya semaksimal untuk bagaimana mengembalikan rasa bangga, harkat dan martabat kita sebagai warga Luhak Nan Tuo”

“Masyarakat luhak Nan Tuo adalah masyarakat yang bermartabat, beradat, punya harga diri dan mempunyai pendirian yang kuat, Insya Allah kami akan membawa Tanah Datar kedepan lebih baik lagi, lebih maju lagi”. kata Richi Aprian.

Richi Aprian juga katakan jika nanti Allah mengizinkan, dan masyarakat mempercayakan tampuk kepemimpinan Tanah Datar kepada dirinya dan Donny Karsont akan fokus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Luhak Nan Tuo terutama di bidang pendidikan, kesehatan dan juga pertanian, karena Tanah Datar mayoritas adalah pertanian lebih kurang 70% penduduknya berprofesi sebagai petani.

“Kita berharap dalam pelaksanaan Pilkada kabupaten Tanah Datar ini dapat berjalan damai, aman dan lancar dalam rasa kebersamaan untuk menetapkan pilihan yang terbaik untuk Tanah Datar yang lebih baik kedepannya “.

“Kita akan melakukan upaya-upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian, kita kan upayakan peningkatan hasil dan juga peningkatan harga jual agar masyarakat petani kita sejahtera” pungkasnya.

Rangkaian proses pendaftaran Paslon Richi-Donny diawali dengan do'a bersama di Masjid Raya Rao-Rao dan dilanjutkan Deklarasi di Emersia Hotel, selanjutnya sekitar jam 14.00 wib dari Emersia Hotel dengan menggunakan Odong-odong serta diiringi ribuan masa dan pendukungnya melakukan Pawai melewati Pasar Batusangkar menuju ke sekretariat KPU di Pagaruyung.

Dalam pendaftaran Pilkada Serentak 2024 ini Paslon Richi-Donny diusung oleh 5 Partai yaitu : Golkar, Nasdem, PAN, Partai Ummat dan PPP dengan total jumlah 18 kursi di DPRD Tanah Datar. (Pinos)



Yoghi Alfinder Dilantik Jadi Pj. Wali Nagari Sungayang
Maklumatnews, TD - "Selamat kepada saudara Yoghi Alfinder sebagai Pj. Wali Nagari Sungayang yang akan bertugas sampai Wali nagari pengganti antar waktu ditetapkan".

Hal itu disampaikan bupati Tanah Datar Eka Putra ketika pelantikan dan pengukuhan sumpah Pj. Walinagari tersebut di aula kantor Walinagari setempat, Selasa (27/8). 

"Semoga amanah ini dapat diemban dengan baik sampai terlaksananya proses pemilihan PAW nanti dan juga terima kasih kepada Walinagari yang lama atas pengabdiannya", ujar Eka Putra. 

Diungkapkan Bupati Eka Putra, 

"Pelantikan penjabat Walinagari dari ASN Pemda ini berdasarkan ketentuan Pasal 2 ayat (1) Perbup Tanah Datar Nomor 53 Tahun 2018 tentang Pemilihan Walinagari Antar Waktu".

"Untuk musyawarah nagari yang diselenggarakan khusus untuk Pemilihan Walinagari Antar Waktu dilaksanakan paling lama enam bulan terhitung Walinagari diberhentikan".

"Ini tugas Pj. Walinagari untuk berkoordinasi dengan BPRN dan pihak lainnya untuk menganggarkan agar pelaksanaan musyawarah nagari ini dalam APB Nagari, sehingga bisa terlaksana dan terpilih Wali Nagari Antar Waktu," sampainya. 

Eka Putra juga harapkan kepada seluruh lembaga dan masyarakat nagari Sungayang untuk bekerjasama dan mendukung Pj. Wali Nagari dalam melaksanakan tugas.

Acara hari ini turut dihadiri dua anggota DPRD Tanah Datar  Masnefi dan Adib Fadhil, Kadis PMDPPKB Abdurrahman Hadi, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono, Camat Sungayang bersama Forkopimca, BPRN dan KAN Sungayang, Walijorong se nagari Sungayang dan undangan lainnya.  (Pinos/rls)

Ainil Mardiyah Terima Bantuan Rehab RTLH Dari Zakat ASN Dan Kemenag
Maklumatnews, TD - Pemkab dan jajaran Kemenag kabupaten Tanah Datar salurkan sebahagian zakat ASN nya melalui Baznas untuk bantu terlaksananya rehab sebanyak 4 buah rumah Rumah Tidak Layak Huni (RTHL).

Bantuan tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh bupati Eka Putra atas pembangunan rumah Ainil Mardiah di Jorong Sitakuak nagari Gurun  kecamatan Sungai Tarab, Selasa (27/8). 

Bupati Eka Putra pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus apresiasi kepada Kementerian Agama (Kemenag) dan Baznas Tanah Datar yang telah menyalurkan bantuan serta mengimbau kepada masyarakat untuk mendukung program Baznas dengan menyalurkan zakatnya melalui Baznas Tanah Datar.

“Yakinlah bapak dan ibuk, zakat yang bapak ibuk salurkan melalui Baznas akan dikembalikan dengan jumlah yang lebih besar melalui berbagai programnya,” ujar Bupati.

"Selamat kepada ibu Aini, semoga rumah ini bermanfaat, jangan lupa doakan para muzakki yang menyalurkan zakatnya melalui Baznas aemoga ibu Aini dan keluarga diberikan kesehatan dan di limpahkan rezekinya," pungkasnya.

Sebelumnya Kasubag TU Kemenag Hilmi Yuldi sampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang dilakukan, sehingga bisa terwujud program RTLH bersama Baznas Tanah Datar. 

Pada tahun ini, Kata Hilmi, Kemenag Tanah Datar akan melakukan rehab RTLH sebanyak 4 unit rumah, dengan total biaya sebesar Rp 110 juta dan tersebar di 4 Kecamatan di Kabupaten Tanah Datar. 

Sementara, Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah mengatakan untuk menentukan bantuan rehab RTLH atas nama Ibu Ainil Mardiyah dan 3 lainnya, pihak Baznas bersama Kemenag sudah melakukan survey untuk menentukan siapa yang paling berhak menerima bantuan tersebut. 

Yasmansyah juga menjelaskan, selain program bantuan rehab RTLH, Baznas Tanah Datar juga memiliki berbagai program lainnya yang tujuan utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Diantaranya ada program bantuan pendidikan, bantuan biaya pengobatan, bantuan modal usaha dan lainnya.

"Alhamdulillah, kami sekeluarga mengucapkan terima kasih kepada Bupati, jajaran Kemenag, Baznas dan juga para muzakki yang telah menyalurkan zakatnya, sehingga keluarga kami bisa menerima manfaatnya dan ini sangat membantu kami,” kata Ainil yang saat ini menjadi tulang punggung keluarga untuk membesarkan kedua putrinya setelah ditinggal almarhum suaminya.

Hadir juga pada kesempatan tersebut Anggota DPRD Tanah Datar Adib Fadhil,  Camat Sungai Tarab Mirza Azis beserta Forkopimca, Wali Nagari Gurun Elmas Dafri. (Pinos/rls)

Hari Ini KPU Tanah Datar Resmi Buka Pendaftaran Peserta Pilkada
Maklumatnews, TD - "Hari ini merupakan hari pertama KPU Tanah Datar lakukan pembukaan secara resmi penerimaan pendaftaran  bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati periode 2024 -2029".

Hal itu disampaikan ketua komisi pemilihan umum (KPU) Tanah Datar Dicky Andrika ketika komperensi pers terkait pembukaan pendaftaran Paslon bupati dan wakil bupati kabupaten Tanah Datar di kantor KPU Pagaruyung, Selasa (27/8).

"Sampai siang ini baru dua LO  Paslon yang menghubungi KPU tentang jadwal kedatangan Paslon tersebut yakni LO Paslon Eka Putra - Ahmad Fadly kemaren dengan jadwal kedatangan hari Kamis (29/8) nanti sekitR jam 10 siang".

"Kemudian hari ini disusul LO Paslon Richi Aprian - Doni Karaon yang semula dijadwalkannya hari Kamis itu juga dengan jam yang hampir bersamaan dan dalam hal ini sesuai Juknis KPU memutuskan untuk membagi satu paslon Eka-Fadly pagi jam 10 Wib dan Paslon Richi-Doni jam 14 Wib", tambah Dicky lagi.

Hari ini dan besok kemungkinan tdk ada paslon mendaftar, hanya untuk hari kamis saja sesuai surat yang dimasukkan LO masing-masing Paslon dan KPU mwngatur jadwalnya.
 
Ketika ditanyakan dasar hukum dari pembukaan pendaftaran ini, Gusriyono Divisi Teknis KPU  mengatakan bahwa ini semua berdasarkan Pkpu no 10 th 2024 ttg perubahan Pkpu no 8 th 2024 serta mengikuti amar putusan MK bahwa pendaftaran Paslon berdasarkan hanya perolehan suara 8.5 % dan bukan atas perolehan kursi lagi.

Sedangkan batas waktu sesuai dasar hukum pendaftaran sampai Kamis 29/8 jam 23.59 wib dan hanya dua LO yang meminta dibukanya Silon yakni
Eka Putra -  Ahmad Fadli dan RichiAprian dn Doni. 

Sedangka persyaran yang harus dilengkapi disamping data di Silon juga ada bebwrap persyaratan dengan  dokumen fisik diantaranya B1 KWK, B1 persetujuan dari DPP, daftar riwayat hidup dengan aturan pengantar dan pengiring boleh masuk 25 orang di tenda serta didalam yakni,  Paslon, pimpinan Parpol, LO serta beberpa orang lainnya. (Pinos)
 

DPRD Tanah Datar Gelar Rapat Paripurna Dengan Agenda Peringatan HUT RI
Maklumatnews, TD - "Rapat paripurna hari ini merupakan salah satu agenda untuk memperingati HUT RI ke 79 dalam mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI langsung dan untuk Tanah Datar kita juga melaksanakan pada hari, tanggal dan jam yang sama melalui televisi". 

Hal itu disampaikan ketua DPRD Tanah Datar sementara Anton Yondra pada rapat paripurna dengan agenda Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI di ruang sidang utama DPRD setempat di Pagaruyung, Jum'at (16/8). 

"Untuk itu, mari bersama-sama kita dengarkan dan cermati pesan-pesan yang disampaikan presiden Ri tersebut dan juga merupakan agenda tahunan dalam aetiap memperingati haru ulang tahun kemerdekaan dan untuk tahun 2024 ini merupakan yang ke 79", ujar Anton lagi.


Sementara itu kutipan dari pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo di hadapan sidang Tahunan MPR RI dan sidang bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024 di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI di Jakarta menekankan pentingnya persatuan dan kerja sama seluruh anak bangsa dalam mencapai kemajuan Indonesia yang lebih tinggi.

“Bapak, Ibu, Saudara-Saudara sekalian se-bangsa dan se-tanah air, ini adalah hasil kerja keras kita bersama. Ini adalah fondasi besar kita bersama, Ini adalah bukti bahwa persatuan kita, bahwa kerukunan kita, bahwa kerja keras dan kegotongroyongan kita dapat membawa Indonesia melompat lebih tinggi lagi,” ujar Presiden Jokowi.

"Meskipun hasil yang dicapai saat ini belum sepenuhnya tuntas, semangat gotong royong dan keberlanjutan akan membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih gemilang". 

"Saya yakin dan percaya dengan persatuan dan kerja sama kita, dengan keberlanjutan yang terjaga, Indonesia sebagai negara yang kuat dan berdaulat akan mampu melompat dan menggapai cita-cita Indonesia Emas di tahun 2045,” ucap Presiden.

Dalam penutup pidatonya, orang nomor satu di Indonesia itu juga menyadari bahwa sepuluh tahun kepemimpinannya belum cukup untuk menyelesaikan semua permasalahan bangsa. 

Dengan penuh kerendahan hati dan keterbatasannya sebagai manusia dan kemungkinan adanya kekurangan dalam setiap langkah yang diambilnya selama ini.

“Sepuluh tahun bukanlah waktu yang cukup panjang untuk mengurai semua permasalahan bangsa dan saya sangat menyadari bahwa sebagai pribadi yang jauh dari kata sempurna, sebagai insan yang tumbuh dalam keterbatasan, dan sebagai manusia yang jauh dari kata istimewa dan sangat mungkin banyak kealpaan dalam diri saya,” kata Jokowi.

Dengan penuh ketulusan, Presiden Jokowi bersama Prof. K.H. Ma’ruf Amin juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh rakyat Indonesia, termasuk kepada mereka yang mungkin merasa kecewa atau harapannya belum terpenuhi. 

Ia menekankan bahwa segala upaya yang dilakukan selama masa jabatannya adalah yang terbaik yang bisa diupayakan untuk bangsa dan negara. 

Di akhir pidatonya, Presiden Jokowi mengumumkan bahwa ia akan menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan kepada Presiden terpilih, Prabowo Subianto, pada 20 Oktober 2024. Presiden Jokowi juga menitipkan harapan dan cita-cita seluruh rakyat Indonesia kepada Prabowo Subianto untuk diwujudkan dalam periode pemerintahan mendatang.

Sidang paripurnakali ini turut dihadiri Wakil Ketua dan anggota DPRD serta Bupati Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian, Forkopimda, kepala OPD dan undangan lainnya. (Pinos)

UIN Mahmud Yunus Batusangkar Laksanakan Sertijab Rektor
Maklumatnews, TD -“Berbagai program studi baru terus dikembangkan dan dengan begitu bisa menjadikan UIN Mahmud Yunus sebagai kampus Sains Islam berefleksi Surau di Tanah Datar yang telah banyak mencetak Da’i dan Ustadz".

Hal demikian disampaikan bupati Tanah Datar Eka Putra saat menghadiri serah terima jabatan (Sertijab) Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar di Auditorium Kampus II kampus tersebut Cubadak Lima Kaum, Rabu (14/08).

"Dalam hal ini, berbagai kegiatan juga telah banyak dikolaborasikan UIN dengan Pemda Tanah Datar seperti pembangunan tugu digerbang kampus II UIN Mahmud Yunus Batusangkar serta dukungan terhadap Program Unggulan (Progul) Satu Rumah Satu Hafizh/Hafizah dan kegiatan lainnya untuk kemajuan Tanah Datar".

Sertijab kali ini dari Rektor lama Marjoni Imamora,  kepada rektor baru Delmus Puneri Salim ditandai dengan penandatanganan berita acara sertijab oleh rektor lama dan rektor baru yang disaksikan lansung oleh bupati Eka Putra.

Kepada Rektor lama Marjoni Imamora bupati sampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian dan kerjasamanya selama menjabat dan ucapan selamat datang dan bertugas di kampung halaman kepada rektor baru Delmus Puneri Salim di kampung selaku Rektor UIN Mahmud Yunus yang baru periode 2024-2028.

“Semoga di bawah kepemimpinan rektor yang baru segala capaian positif dapat dipertahankan, Saya percaya UIN Mahmud Yunus akan semakin maju dan berkembang lebih baik ke depannya dan mari tingkatkan kolabkrasi dengan Pemda”, pungkas Bupati Eka Putra.

Sebelumnya, Rektor lama Prof. Dr. Marjoni Imamora mengucapkan selamat bertugas kepada rektor yang baru dan dirinya siap untuk mensuport, memberikan data-data yang terbaik dan menyapaikan bahwa ada buku yang terkait dengan apa yang sudah dilakukan selama 4 tahun menjabat.

“Terima kasih pak Bupati atas support atau dukungannya dimana dimasa kepemimpinan kami proses pengadministrasian transformasi IAIN ke UIN ini berjalan lancar hingga kepusat,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Rektor yang baru Prof. Delmus menyampaikan mohon dukungan dari bapak Bupati Eka Putra dalam membangun UIN Mahmud Yunus Batusangkar lebih baik lagi kedepannya.

Prof. Delmus yang sebelumnya Rektor IAIN Manado dan menjabat dari 2019-2023 sampaikan bahwa saat ini  dia kembali ke kampung halaman ingin mengabdi di UIN Mahmud Yunus Batusangkar sekaligus ingin menjaga orang tua karena sudah sedari kecil merantau. (Pinos/rls)

Pimpinan Sementara DPRD Tanah Datar Diemban Anton dan Nurhamdi
Maklumatnews, TD -”Sampai dengan ditetapkannya pimpinan definitif, maka pimpinan sementara menjalankan tugas memimpin rapat-rapat, memfasilitasi pembentukan fraksi dan penyusunan rancangan peraturan tentang tata tertib dan memproses penetapan pimpinan DPRD defenitif”.

Hal itu disampaikan Sekwan Yuhardi usai pelantikan dan mengucapkan sumpah/janji 35 orang anggota DPRD Tanah Datar Periode 2024-2029 hasil Pemilihan Umum Februari 2024 lalu di gesung Suri Maharajo Dirajo Batusangkar, Rabu (14/8).

“Untu itu, dengan telah ditetapkannya politisi partai Golkar Anton Yondra sebagai ketua bersama politisi partai Demokrat Nurhamdi Zahari sebagai wakil ketua sebagai pimpinan sementara DPRD Tanah maka menjadi tugas mereka berdua memimpin rapat-rapat sampai ditetapkannya pimpinan definitif nantinya”.

Adapun Anggota DPRD yang dilantik dan diambil sumpahnya antara lain, dari Partai Golkar Donal Martin, Herman Sugiarto, Dedi Irawan, Adrison Dt. Parpatih, dan Anton Yondra.

Dari Partai Demokrat H. Darius Dt. Bandaro Putiah, Wel Ahmad, Syafril, dan Nurhamdi Zahari Dt. IM Nan Bapayuang Ameh. Parta Gerindra terdiri dari Jonnedi, Kamrita, Mulyani, dan Surva Hutri.

Berikutnya PKS H. Nurzal, Jamal Ismail, H. Saidani, dan Adib Fadhil. Partai Nasdem Noviandri, Adrijinil Simabura, Junaidi Dt. Rajo Mangkuto, dan Khairul Abdi.

Dari PAN ada Nofrizal, Felly Endra, Benny Remon, dan Iswandi Putra. PKB terdiri dari Indra Gunalan, Yonnarlis, dan Zaipul Imra.

Seterusnya dar partai PPP ada nama Agus Tofik, H. Zulhadi Dt. Ikoto, dan Yalpema Jurin dan dari partai Ummat terdiri dari H. Herri Wildani dan H. Masnefi. Partai Hanura Asrul Jusan, dan PDI Perjuangan Wendri Ismail.
(Pinos)

Ranperda Tentang Perubahan Anggaran APBD Tahun 2024 Ditandatangani
Maklumatnews, TD -"Terima kasih kepada seluruh pihak dan khusus untuk Banggar DPRD yang telah melakukan pembahasan Ranperda tentang perubahan anggaran tahun 2024 bersama TPAD sesuai tahapan dan mekanisme yang telah ditetapkan".

Hal itu disampaikan bupati Tanah Datar Eka Putra pada rapat paripurna DPRD dalam rangka penandatanganan persetujuan bersama Ranperda perubahan anggaran tahun 2024 di aula utama DPRD setempat, Senen (12/8).

"Alhamdulillah, setelah melalui rangkaian proses pembahasan Ranperda tentang perubahan APBD teraebut,masing-masing fraksi telah menyampaikan pandangan akhir dan dilanjutkan dwngan penandatanganan berita acara persetujuan beraama antara kepala daerah dwngan pimpinan DPRD", urai bupati lagi.

"Untuk tahap berikutnya, Ranperda ini akan dilakukan penyesuaian berdasarkan pembahasan TPAD dengan Banggar yang hasilnya akan disampaikan kepada gubernur untuk dievaluasi".

"Hasil dari Evaluasi gubernur terhadap Ranperda tersebut nantinya akan ditindaklanjuti lagi bersama antara TPAD dengan Banggar sebelum ditetapkan menjadi Perda tentang perubahan APBD tahun 2024", tambah Eka lagi.
" Ranperda yang baru saja disetujui ini merupakan hasil proses pembahasan dengan acuan ketentuan aturan yang berlaku dan berpedoman pada KUA dan perubahan PPAS APBD tahun anggaran 2024 yang telah disepakati pada tanggal 6 Agustus 2024 lalu".

"Ranperda ini memuat penyesuaian anggaran pendapatan dan belanja dalam rangka pemenuhan kewajiban penyelenggaraan keuangan Pemkab sesuai peraturan perundang-undangan yang terdiri belanja wajib bidang pendidikan, kesehatan, pendukung standar pelayanan minimal serta pencegahan dan penurunan Stunting ".

" Selanjutnya untuk program pemulihan ekonomi pasca bencana serta ubtuk program perlindungan sosial yang disinkronkan dengan pencapaian target RPJMD kabupaten Tanah Datar tahun 2021-2026 melalui Progul daerah".

Bupati Eka Putra juga sampaikan kepada seluruh perangkat daerah dan ASN dilingkungan Pemkab Tanah Datar untuk dapat meningkatkan profesionalisme dalam pencapaian target kinerja pembangunan pada OPD masing-masing.
Disamping itu, bupati juga berpesan agar selalu menghindari prilaku yang melawan hukum, ciptakan kerjasama yang baik, kondusif, inovatif, kreatifitas tinggi dalam mewujudkan Visi Misi daerah.

Rapat paripurna kali ini dipimpin ketua DPRD, Roni Mulyadi Dt. Bungsu didampingi wakil ketua Anton Yondra dan Saidani berama anggota lainya serta dihadiri Pirkopimda, kepala OPD, camat, walinagari serta undangan lainnya. (Pinos)



DPRD Tanah Datar Gelar 3 Kali Rapat Paripurna Dalam 1 Hari
Maklumatnews, TD - "Pemerintah daerah akan melakukan beberapa penyempurnaan terhadap pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan di tahun 2024 dengan didasari perubahan kebijakan pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah".

Hal itu disampaikan bupati Tanah Datar Eka Putra dalam Rapat Paripurna DPRD dengan agenda Penyampaian Pengantar Nota Keuangan Ranperda Perubahan APBD Tahun 2024 di ruang rapat utama DPRD setempat, Sabtu (10/8).

Dikatakan Eka Putra, "Perubahan KUA dan perubahan PPAS Tahun Anggaran 2024 terdapat beberapa penyesuaian asumsi dasar terkait kondisi perekonomian makro di kabupaten Tanah Datar yang menjadi sasaran pokok pembangunan di tahun ini".

"Namun kami menyadari masih banyak kebutuhan pembangunan dan permintaan masyarakat yang saat ini terus diupayakan karena keterbatasan anggaran yang tersedia dengan alokasi anggaran berdasarkan skala prioritas pembangunan dan penyelenggaraan urusan wajib pemerintah," ujar Eka lagi.

Setelah Penyampaian Pengantar Nota Keuangan Ranperda Perubahan APBD Tahun 2024 tersebut, Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi DT. Bungsu didampinggi Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani dan Anton Yondra dilanjutkan dengan agenda Penyampaian Pandangan Umum Fraksi terhadap Ranperda Perubahan APBD tahun 2024. 

8 Fraksi menyampaikan pandangannnya dimulai dari, fraksi PAN, fraksi PKS, fraksi Gerindra, fraksi Demokrat, fraksi Nasdem, fraksi PPP dan fraksi Hanura.

Fraksi PPP dengan juru bicara Zulhadi, M.Pd berharap dengan adanya Perda perubahan APBD tahun 2024, untuk bisa dimanfaatkan dengan baik agar tercapai target program yang menjadi prioritas utama dalam upaya mensejahterakan masyarakat.

Sementara itu, dari fraksi Gerindra dengan juru bicara Kamrita menyebutkan pemerintah daerah Tanah Datar sesegera mungkin untuk melaksanakan Perda no. 2 tahun 2022 tentang SPBE terutama dalam peningkatan pendapatan daerah.

Disisi lainnya, fraksi PKS dengan juru bicara Nurzal berharap perubahan APBD tahun anggaran 2024 agar menjadi harapan baru bagi masyarakat kabupatenTanah Datar, sekaligus dapat dioptimalkan dalam rangka penataan kehidupan yang lebih baik.

Tidak lama kemudian, DPRD Tanah Datar kembali melanjutkan Rapat Paripurna dengan agenda Jawaban Bupati terhadap Pemandangan Umum Fraksi atas Ranperda Perubahan APBD tahun 2024.

Dikesempatan itu, Bupati Eka Putra mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh fraksi di DPRD Tanah Datar yang telah menyumbangkan pemikiran dalam bentuk pernyataan dan saran terhadap Ranperda Perubahan APBD tahun 2024.

"Terima kasih kepada seluruh fraksi atas sumbangan pemikirannya yang telah disampaikan pada Rapat Paripurna sebelumnya. Kami menyadari bahwa semua ini, sangat besar artinya dalam penyempurnaan rancangan peraturan daerah," ujar Bupati Eka Putra. (Pinos)



Terkait kasus pengeroyokan/penganiayaan terhadap Ketua Badan Pengelola Pasar B Alahan Panjang yang sekaligus adalah anggota wartawan salah satu media cetak/online www.berantaskriminal.com.

Pengeroyokan terjadi pada hari Sabtu 29-06-2024 kemudian dilaporan ke Polres Aro Suka dengan surat Laporan Polisi Nomor : LP / B / 44 / VI / 2024
Karena korban merasakan telinganya sakit, maka dilakukan visum ke RSUD Solok didampingi penyidik Polres, 22 Hari Kemudian setelah dilakukan visum, korban kembali menemui pihak penyidik. Polres Solok menerangkan kalau telinga sebelah kirinya bertambah sakit dan mendenging akibat pukulan pelaku maka korban minta agar visum diulang kembali yang mana sebelumnya sudah dilakukan komunikasi melalui telefon seluler dan minta petunjuk serta arahan kepada pihak penyidik Polres Solok. Dan pihak penyidik Polres Solok menyarankan melalui Telephone seluler mengatakan "Silahkan cek kembali ke dokter, dan hasilnya berikan kepada kami " kata penyidik, dan Di jawab oleh korban 
penyidik tidak apa apa tanpa di dampingi polisi, nanti kami akan menghubungi Dokternya" 

Setelah pihak kepolisian menghubungi dokter yang memberikan keterangan hasil visum kedua maka pihak kepolisian meminta lagi untuk dilakukan pemeriksaan ulangan ke RSUD M.Jamil kota Padang dengan alasan pemeriksaan di RSUD Solok Adalah tahap awal dan harus ada pemeriksaan lanjutan dengan keterangan dokter karena di RSUD M. Jamil Padang alat visumnya lebih lengkap, dan yang bicara bukan hanya mulut dan tulisan dokter, akan tetapi Alat dan perlengkapan kedokteran di sana ( RSUD M JAMIL PADANG ) kata Penyidik.

Seiring rujukan visum dari RSUD Solok Ke RSUD M. Jamil Padang Tanggal 2 Agustus 2024 baru pihak penyidik menerbitkan Surat SP2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan) /82/VII/2024 Tertanggal 05-07-2024 dan baru diterima korban Tanggal 01-08-2024. Hampir 1.(Satu) Bulan ditangan penyidik baru diberikan kepada korban. Setelah menerima surat SP2HP dan rujukan dari RSUD Solok ke RSUD M.Jamil maka korban langsung pergi ka Padang.

Dalam pemeriksaan ke RSUD M.jamil Padang, korban di dampingi oleh Media Krimsuspolrinews.com. Dan setelah hasil visum keluar dari RSUD M.Jamil maka korban mengalami luka paling berat bagian dalam telinga korban dan hasil visum tersebut langsung pada hari itu juga diberikan dan diterima oleh pihak penyidik.

Pihak keluarga korban yang juga adalah Advokat a/n M. Harrizal SH di Medan juga selaku paman korban yaitu Zaimon SH yang berdomisili di Padang Serta seorang adiknya Dianlova SH yang juga seorang Advokat aktif di Solok menanyakan langsung kepada korban tentang Peristiwa kejadian tersebut, karena mereka baru mengetahui atas adanya pemberitaan dibeberapa media online seperti media krimsuspolrinews.com - TBN.TIMES dan media Berantas Kriminal

Dalam hal ini mereka perlu mempertanyakan, kenapa proses hukumnya lambat karena sudah lebih dari sebulan semenjak kejadian peristiwa, tentu saja mereka menanyakan " Apakah pelakunya sudah di panggil ? "Korban menjawab " informasi dari penyidik Polres mengatakan masih dalam proses pemanggilan saksi" dan para pelaku utamanya tidak pernah dipanggil dan masih berkeliaran mondar mandir disekitar Alahan Panjang

Atas keterangan korban, maka pihak keluarga akan terus mengawal dan datang ke Polres Aro Suka untuk meninjau dan mempertanyakan kepada pihak Kepolisian, seolah ini ada permainan dengan pihak pelaku sementara para pelaku masih berkeliaran di sekitar pasar B Alahan Panjang dengan aman dan menunjukkan sikap arogannya seolah pelaku kebal hukum

Jika masalah ini tidak cepat di selesaikan, juga adanya keraguan masyarakat banyak mengatakan, "Apakah tidak akan terulang lagi seperti kejadian premanisme di Alahan Panjang ini, karena pada Sabtu 20 - 07 - 2024 lalu terjadi lagi keributan di pasar B Alahan Panjang dan kemungkinan ada dugaan ada kaitannya dengan kejadian pertama karena yang membuat keributan adalah kelompok orang orang yang sama dan selalu memprovokasi membawa orang untuk melakukan pengeroyokan terhadap ketua Badan Pengelola Pasar B pada waktu itu " Hal ini diungkapkan masyarakat pedagang Pasar B kepada media Krimsuspol

MH

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.