Hari Ini KPU Tanah Datar Resmi Buka Pendaftaran Peserta Pilkada

Hari Ini KPU Tanah Datar Resmi Buka Pendaftaran Peserta Pilkada
Maklumatnews, TD - "Hari ini merupakan hari pertama KPU Tanah Datar lakukan pembukaan secara resmi penerimaan pendaftaran  bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati periode 2024 -2029".

Hal itu disampaikan ketua komisi pemilihan umum (KPU) Tanah Datar Dicky Andrika ketika komperensi pers terkait pembukaan pendaftaran Paslon bupati dan wakil bupati kabupaten Tanah Datar di kantor KPU Pagaruyung, Selasa (27/8).

"Sampai siang ini baru dua LO  Paslon yang menghubungi KPU tentang jadwal kedatangan Paslon tersebut yakni LO Paslon Eka Putra - Ahmad Fadly kemaren dengan jadwal kedatangan hari Kamis (29/8) nanti sekitR jam 10 siang".

"Kemudian hari ini disusul LO Paslon Richi Aprian - Doni Karaon yang semula dijadwalkannya hari Kamis itu juga dengan jam yang hampir bersamaan dan dalam hal ini sesuai Juknis KPU memutuskan untuk membagi satu paslon Eka-Fadly pagi jam 10 Wib dan Paslon Richi-Doni jam 14 Wib", tambah Dicky lagi.

Hari ini dan besok kemungkinan tdk ada paslon mendaftar, hanya untuk hari kamis saja sesuai surat yang dimasukkan LO masing-masing Paslon dan KPU mwngatur jadwalnya.
 
Ketika ditanyakan dasar hukum dari pembukaan pendaftaran ini, Gusriyono Divisi Teknis KPU  mengatakan bahwa ini semua berdasarkan Pkpu no 10 th 2024 ttg perubahan Pkpu no 8 th 2024 serta mengikuti amar putusan MK bahwa pendaftaran Paslon berdasarkan hanya perolehan suara 8.5 % dan bukan atas perolehan kursi lagi.

Sedangkan batas waktu sesuai dasar hukum pendaftaran sampai Kamis 29/8 jam 23.59 wib dan hanya dua LO yang meminta dibukanya Silon yakni
Eka Putra -  Ahmad Fadli dan RichiAprian dn Doni. 

Sedangka persyaran yang harus dilengkapi disamping data di Silon juga ada bebwrap persyaratan dengan  dokumen fisik diantaranya B1 KWK, B1 persetujuan dari DPP, daftar riwayat hidup dengan aturan pengantar dan pengiring boleh masuk 25 orang di tenda serta didalam yakni,  Paslon, pimpinan Parpol, LO serta beberpa orang lainnya. (Pinos)
 

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.