Latest Post

Bawaslu Tanah Datar Gelar Rapat Fasilitasi Sentra Gakkumdu

Tanah Datar, Maklumatnews -“Bawaslu ingin terus menyamakan persepsi-persepsi dengan pihak-pihak Sentra Penegakkan Hukum Terpadu lainnya dalam menyelesaikan permasalahan yang ditemukan di lapangan dan jika ada proses hukum terkait pidana Pemilu akan menjadi sebuah pengalaman yang berharga”.

Hal itu disampaikan ketua Bawaslu Tanah Datar yang diwakili Koordinator Divisi (Kordiv) Penindakan dan pelanggaaran, Al-Azhar Rasydin pada rapat fasilitasi Sentra Gakkumdu tahapan logistik Pemilu tahun 2024 di Hotel Emersia Batusangkar, Rabu (7/2). 

“Namu meskipun demikian, sebagai pihak pengawas tentu akan lebih menekankan upaya-upaya pencegahan dengan patroli terus berjalan di seluruh kecamatan oleh Panwascam masing-masing, sedangkan penindakan merupakan pintu terakhir”..

Fasilitasi Sentra Gakkumdu merupakan langkah untuk mengoptimalkan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 mendatang untuk menyamakan persepsi dalam penegakan hukum.

“Secara umum pelaksanaan pesta demokrasi ini diharapkan menjadi Pemilu yang jujur dan aman dan kita berharap, bersama-sama bersinergi, lebih aktif dan saling menguatkan satu sama lain”, tambahnya lagi

Jajaran Bawaslu maupun Panwascam selalu menjaga koordinasi dan komunikasi dengan mitra-mitra strategi, bekerja secara profesional, tegak lurus kepada aturan dan pimpinan, serta berjalan sesuai aturan,” pesannya.

Dirinya berharap, pelaksanaan pengawasan logistik oleh jajaran Bawaslu terlaksana secara terstruktur, sistematis, dan masif, serta sesuai antara teori dan praktek di lapangan. 

Kegiatan kali itu turut dihadiri pengurus Gakkumdu, Bawaslu, Kejari, Polres, Kesbangpol, perwakilan PWI dan KWRI serta Panwascam se kabupaten Tanah Datar dengan narasumber Samratul Fuad dari PBHI Sumbar. (Pinos

Tugas Bawaslu Dan Saksi Tidak Jauh Berbeda


Tanah Datar, Maklumatnews - “Tugas dan fungsi badan pengawasan Pemilihan umum dengan saksi tidak jauh berbeda dan hanya beda tipis yaitu menjaga dan memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan tanpa kecurangan”.

Hal itu disampaikan ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Tanah Datar, Andre Azki pada acara pembekalan atau pelatihan saksi peserta Pemilu tahun 2024 di Ballroom Hotel Emersia Batusangkar, Rabu (7/2).
.
“Disamping itu, tugas Bawaslu sesuai dengan yang diamanatkan oleh UU Nomor 7 Tahun 2017 diantaranya melakukan pencegahan dan penindakan di wilayah Kabupaten/Kota terhadap pelanggaran dan perlindungan proses Pemilu serta mengawasi pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu dan mencegah terjadinya pelanggaran dalam pelaksanaanya”, ujar Andre lagi. 

“Oleh karena itu, diadakanlah pelatihan ini dengan undangan yang diberikan hanya untuk koordinator saksi satu orang untuk satu kecamatan di seluruh Tanah Datar dengan jumlah 500 lebih peserta ini untuk bekal bagi peserta Pemilu pada tahun 2024 agar dapat memperoleh hasil pemilu yang kita harapkan”.

Andre Azki Dalam acara pembukaan didampingi Harmesyoni, anggota Bawaslu juga selaku panitia acara dan Al Azhar Rasyidin, serta Zulman Hendrizal berharap Saksi dapat melaksanakannya dengan baik sehingga apabila ada pelaporan kondisi dan pencatatan, Saksi dapat memberikan alat bukti sehingga proses hukum bisa dengan mudah dilakukan. 

Pada sesi pemaparan, Hamdan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menyampaikan materi terkait masa proses Pemilu mulai dari persiapan, pemungutan suara, serta penghitungan suara Pemilu 2024.

Dari pemaparannya itu Hamdan berharap peserta pelatihan Saksi dapat mengerti dan paham serta melalui proses dan tahapan pemilu ini nanti dengan baik sehingga kejadian dan pelanggaran Pemilu dapat diantisipasi serta dicegah dan tidak merugikan bagi kontestan di kemudian hari. (Pinos


Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Republik Indonesia melakukan Rapat Kerja Nasional di Kota Semarang, Jawa Tengah. Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ini yang diadakan dari tanggal 5 sampai 7 Februari 2024 mengangkat tema “Optimalisasi Potensi DWP Kemenag RI dalam mencapai kinerja yang berkualitas”. 05/02

Dalam arahannya sekaligus pembukaan Rakernas DWP, Penasehat DWP Kementerian Agama RI Dalam arahannya, Ny. Eny Retno menyampaikan pentingnya optimalisasi potensi diri dalam berorganisasi, karena keberhasilan organisasi terletak pada potensi diri para pengurus dan anggotanya.

Ibu menteri pun menekankan pentingnya peran aktif para anggota DWP dalam mendukung berbagai program dan kegiatan Kementerian Agama. Di tengah dinamika tuntutan zaman, keberadaan Dharma Wanita Persatuan diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas bagi masyarakat Indonesia.

Apresiasi pun diucapkan kepada para peserta dan panitia pada rakernas ini beliau mengatakan “Tahun ini Rakernas dikemas dalam bentuk yang lebih baik dimana pada tahun sebelumnya Rakernas masih dengan cara lama, yaitu ibu-ibu datang, duduk, dengar dan diam. Sekarang datang dengan draft program kerja yg sudah ada dan Insya Alllah kembali dengan Program Kerja 2024,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DWP UIN Imam Bonjol Padang Ny. Husna yang turut hadir sebagai peserta Rakernas menyoroti pentingnya pembinaan dan pengembangan potensi anggota DWP agar mampu memberikan kontribusi maksimal dalam setiap aspek kinerja di Kementerian Agama. Dengan demikian, Rakernas ini menjadi momentum penting untuk menggalang semangat dan komitmen bersama dalam mewujudkan visi dan misi Kementerian Agama yang berorientasi pada pelayanan yang berkualitas bagi seluruh Masyarakat.


Ikatan Mahasiswa Kerinci Sungai Penuh Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang (IMKS UIN IB Padang) mengadakan kegitan IMKS Goes to School dengan tema “Meningkatkan Semangat Siswa/i Dalam Menimba Ilmu Pengetahuan Bersama IMKS UIN IB Padang” yang mana kegiatan ini merupakan agenda rutin yang di adakan satu tahun sekali setiap libur semestar ganjil dengan tujuan sosialisasi dan memperkenalkan dunia perkuliahan di Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang (UIN IB Padang) kepada calon mahasiswa/i di MA, SMA, SMK sederajat.

Kegiatan ini berlangsung pada bulan Januari- Februari 2024, dimulai tepatnya pada hari senin tanggal 15 Januari-5 Februari 2024. Kegiatan ini diadakan dengan mendIMKSatangi beberapa sekolah MA, SMA, dan SMK sederajat yang ada di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh dimulai dari sekolah yang ada Kerinci bagian hilir, Kota Sungai Penuh, dan Kerinci bagian mudik. Pada kegiatan Goes to School 2024 ini melibatkan mahasiswa UIN IB Padang yang berasal dari Kerinci dan Sungai Penuh.

Dengan diadakan kegiatan ini tentunya sangat diharapkan kepada calon mahasiswa/i sedikit banyak dapat mengenal lebih dalam tentang UIN IB Padang baik itu Fakultas, Program Studi, Maupun mengenai beberapa UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) serta hal- hal yang terkait dengan beasiswa di UIN IB Padang.

M. Nuzul Rizki selaku ketua umum IMKS UIN IB Padang mengatakan “ saya berterima kasih banyak kepada mahasiswa/i UIN IB Padang yang berasal dari Kerinci dan Sungai Penuh terkhususnya kepada seluruh pengurus IMKS UIN IB Padang yang telah berpartisipasi pada kegiatan IMKS Goes to School 2024, kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada siswa/i dikabupaten kerinci dan kota sungai penuh untuk semangat dalam menimba ilmu pengetahuan dan melanjutkan pendidikan formalnya ke bangku perkuliahan atau perguruan tinggi sesuai dengan tema yang telah kami rancang secara bersama. Dan harapan saya program Goes to School ini harus berjalan setiap tahunnya untuk memperkenalkan UIN Imam Bonjol Padang kepada siswa/siswi di kerinci dan sungai penuh.”

Adapun Goes to school yang dilaksanakan oleh IMKS telah mengunjungi 11 Sekolah, diantaranya:


1.MAN 1 Kerinci

2.MAN 3 Kerinci

3.Pondok Pesanteren Al-Mukhtariyah Ambai

4.MAN 1 Sungai Penuh

5.Pondok Pesantren Arafah Sungai Penuh

6.Pondok Pesantren Nurul Haq

7.SMA 1 Kerinci

8.SMA 2 Kerinci

9.SMA 7 Kerinci

10.MA Raudhatul Ulum

11.SMK 4 Kerinci


Fakultas Adab dan Humaniora UIN Imam Bonjol Padang adakan Workshop Kurikulum Berbasis OBE (Outcome Based Education) dan SAP (Satuan Acara Perkuliahan) di Hotel Daima pada 5-7 Februari 2024.

Kegiatan ini menghadirkan pakar kurikulum Prof. Admi Nazra dari Universitas Andalas dan Dr. Muhammad Adri, S.Pd, MT dari Universitas Negeri Padang.

Prof Admi selaku narasumber pertama mengingatkan bahwa landasan kurikulum OBE ini adalah kurikulum KKNI (Kurikulum Nasional Imdonesia) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi /SN-Dikti berupa Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023.

Workshop yang dibuka secara langsung oleh Wakil Dekan 1 FAH, Dr. Ahmad Taufik Hidayat, MA. Dalam sambutannya, ia menuturkan bahwa “Kurikulum OBE sudah pernah diperkenalkan dalam kegiatan workshop beberapa waktu lalu, namun perlu penguatan sebagai bentuk penyempurnaan kurikulum berbasis KKNI”, ujarnya. Ia juga menuturkan bahwa output kegiatan nantinya berupa RPS dan SAP yang memfokuskan pembelajaran pada pencapaian target.

Para peserta berasal dari perwakilan dosen program studi di lingkungan FAH sebanyak 35 orang. Kegiatan ini berlangsung dengan antusias dan semangat yang dibuktikan melalui adanya sesi interaktif antara narasumber dan para peserta.

Salah satu peserta, Leila Karunia, MA menuturkan harapannya bahwa, “Kegiatan ini mampu mengembangkan potensi dosen dalam mengembangkan kurikulum dan merancang RPS maupun SAP”, tuturnya.

Selain itu, workshop yang diselenggarakan selama 3 hari ini memberi kesempatan bagi dosen antar program studi di lingkungan Fakultas Adab dan Humaniora untuk mendiskusikan implementasi kurikulum berbasis OBE.


Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang kembali mengalami momentum penting dengan pelantikan beberapa Pejabat Pengganti Antarwaktu Jabatan Pelaksana Akademik yang dilakukan oleh Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd. Pelantikan ini dilakukan dengan harapan untuk meningkatkan kualitas kinerja dan pencapaian UIN IB kedepan [7/2].

Dalam upacara pelantikan yang digelar di Gedung J Kampus III Sungai Bangek pada hari ini, Kamis (7/2), sejumlah pejabat pengganti antarwaktu resmi dilantik. Mereka termasuk beberapa Kepala Unit, Kepala Ma’had, Koordinator Pusat, Ketua, dan Sekretaris Program Studi yang akan memegang peran kunci dalam pengelolaan dan pengembangan berbagai program akademik serta kegiatan lainnya di lingkungan UIN Imam Bonjol Padang, serta Sektretaris Satuan Pengawas Internal

Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd., dalam sambutannya, menyampaikan harapannya terhadap pejabat baru yang telah dilantik. “Saya berharap pejabat-pejabat yang baru dilantik dapat bekerja sama dengan baik dan mampu menghadapi setiap tantangan dengan baik pula. Kita semua harus berkolaborasi untuk meraih pencapaian yang optimal demi kemajuan UIN Imam Bonjol Padang,” ungkapnya. Selanjutnya Rektor juga menyampaikan adanya kinerja maksimal yang dapat dilakukan oleh Koordinator Pusat pada Lembaga Penjaminan Mutu untuk institusi UIN Imam Bonjol yang unggul.

Pelantikan ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat struktur organisasi UIN Imam Bonjol Padang. Dengan komposisi pejabat yang baru ini, diharapkan akan terjadi sinergi yang lebih baik antara berbagai unit dan program studi. Kolaborasi yang kuat antara pimpinan dan staf di setiap tingkatan diharapkan dapat mendorong terciptanya lingkungan akademik yang dinamis dan inovatif.

Adapun Pejabat Antarwaktu yang dilantik adalah:

1. Dr. Yaslinda Lizar, S.Si., M.Kom. sebagai Kepala Unit Pengembangan Bisnis,

2.Dr. Zulkifli, S.Pd.I., M.A. sebagai Kepala Ma’had al-Jami’ah,

3.Rangga Wisanggara, M.M. sebagai Koordinator Pusat Manajemen Risiko,

4.Wushi Adilla Arsyi, M.Si., sebagai Koordinator Pusat Akreditasi dan Sertifikasi,

5.Muhammad Taufik, M.Si., sebagai Koordinator Pusat Moderasi Beragama,

6.Hurriyatul Akmal, M.Si., sebagai Koordinator Pusat Pemeriksa Halal,

7.Dr. Murisal, S.Ag., M.Pd. sebagai Koordinator Pusat Mitigasi Bencana,

8.Abdul Manan Sihombing, S.Ag., M.A. sebagai Ketua Prodi Manajemen Haji dan Umrah,

9.Dr. Zulbadri, S.Ag., M.Ag. sebagai Ketua Prodi Manajemen Dakwah,

10.Drs. H.Efrizal, M.Pd., sebagai Asisten Ahli pada Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

11.Dr. Mistarija, M.A. sebagai Sekretaris Prodi Pengembangan Masyarakat Islam,

12.Fitria Mardika, M.Pd. sebagai Sekretaris Prodi S2 Sejarah Peradaban Islam dan S.2 Ilmu Hadits,

13.Lailatur Rahmi, M.Hum., Sebagai Ketua Prodi Studi D.III Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora.

14.Fadhila Nurul Husna Zalmi, M.Hum sebagai Sekretaris Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi,

15.Atqo Akmal, M.Pd., Asisten Ahli pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

16.Dr. Azrul, M.Pd. sebagai Sekretaris Prodi Pendidikan Agama Islam,

17.Meliza Budiarti, M.A sebagai Lektor pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

18.Dr. Fauzana Annova, M.A. sebagai Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Arab,

19.Dewi Juita, M.Pd sebagai sekertaris Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

20.Faznil Husna S. Rasyad, MBA sebagai Sekretaris Prodi Manajemen Bisnis Syariah,

21.Rahmat Kurnia, S.E., M.E. sebagai Sekretaris Prodi Perbankan Syariah.

Serta Sekretsris SPI Andre Wiratha, M.M

Pelantikan yang dilaksanakan di gedung J kampus III Sungai Bangek ini mengusung semangat kebersamaan dan komitmen yang kuat. Diharapkan UIN Imam Bonjol Padang dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.