Bupati Eka Putra Bersama Ombudsman RI Tinjau Pasar Batusangkar
Bupati Eka Putra Bersama Ombudsman RI Tinjau Pasar Batusangkar
Tanah Datar, Maklumatnews - "Telah cukup banyak program yang dilakukan pemerintah daerah yang bertujuan memudahkan masyarakat untuk memperoleh pelayanan seperti pengurusan administrasi kependudukan, keperluan perizinan, layanan kesehatan, layanan pendidikan dan lain-lainnya".
Hal demikian disampaikan bupati Tanah Datar Eka Putra saat beraudiensi bersama Ombudsman RI perwakilan Sumatra Barat di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Kamis (28/3).
"Untuk itu, saya selalu menegaskan bahwa ASN merupakan pelayan masyarakat yang melayani sesuai tugas dan fungsi masing-masing".
Ditambahkan Eka Putra, " Tahun 2023 kemaren Ombudsman RI perwakilan Sumbar juga telah memberikan nilai 92,44 atas kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik Pemkab Tanah Datar".
"Alhamdulillah, nilai itu menjadikan Kabupaten Tanah Datar berada di zona hijau dan menjadi peringkat 4 tertinggi Kabupaten/kota se Sumatera Barat tahun lalu," sampainya.
"Namun hasil tersebut tentu tidak menjadi puncak kepuasan bagi kami, namun menjadi langkah awal untuk terus ditingkatkan lagi dan dengan kedatangan dan audiensi antara Pemkab Tanah Datar bersama Ombudsman ini tentunya banyak hal yang disinergikan dan bahan pelajaran sehingga pelayanan publik di Tanah Datar semakin baik ke depan," tukasnya.
Sementara itu Kepala Ombudsman RI perwakilan Sumbar Yefri Heriani mengungkapkan kedatangan dia bersama jajaran ke Tanah Datar memang untuk sharing dan berbagi berbagai hal untuk peningkatan pelayan publik.
"Kita telah jalin MoU dengan Pemkab Tanah Datar dan kita tidak ingin kesepakatan hanya di atas kertas tanpa tindak lanjut yang nyata, karena itulah kami selalu berkoordinasi dengan dinas terkait di Tanah Datar ini memberikan masukan dalam peningkatan pelayanan publik," sampainya.
"Setidaknya ada 5 sektor bidang pelayanan yang kita dorong untuk memberikan pelayanan terbaik, yakni bidang sosial, pendidikan, kesehatan, perizinan dan data kependudukan dan menghindari maladministrasi yang akan merugikan pelayanan itu sendiri. ," pungkasnya.
Kegiatan audiensi kali ini juga dihadiri Asisten Administrasi Umum Jasrinaldi, Kadis Sosial Afrizon, Kadis Dukcapil Armen Yudi, Kadis Koperasi UKM Hendra Setyawan, Kadis Perhubungan Yusnen, beberapa OPD lain, Kabag, kepala Puskesmas dan undangan lainnya dan dilanjutkan dengan peninjauan pelayanan publik di pasar raya Batusangkar. (Pinos/rls)